Struktur Pasar adalah penggolongan produsen kepada beberapa bentuk pasar berdasarkan pada ciri-ciri seperti jenis produk yang dihasilkan, banyaknya perusahaan dalam industri, mudah tidaknya keluar atau masuk ke dalam industri dan peranan iklan dalam kegiatan industri.
PASAR PERSAINGAN SEMPURNA.
Adalah suatu bentuk interaksi antara permintaan dengan penawaran yang ditandai oleh jumlah produsen dan konsumen sangat banyak. merupakan struktur pasar yang paling ideal.
Ciri-ciri :
1) Terdapat banyak penjual dan pembeli.
2) Barang yang diperjualbelikan homogeny.
3) Setiap perusahaan bebas keluar masuk.
4) Pembeli mengetahui kondisi pasar.
5) Faktor produksi bebas keluar masuk pasar.
6) Perusahaan menerima harga yang ditentukan pasar.
7) Tidak ada campuran tangan pemerintah.
Kebaikan dan keburukan Pasar Persaingan Sempurna.
Kebaikan Keburukan 1. Tidak ada iklan2. Tidak tampak kegiatan saling menyaingi antarpenjual3. Adanya satu harga4. Kepuasan konsumen maksimal karena bebas menentukan pilihan5. Keuntungna produsen maksimal6. Produksi barang denga biaya minimal 1. Tidak ada pilihan bagi konsumen untuk memilih karena semua brang sama dan sejenis2. Harga tidak bias ditawar lagi3. Perusahaan tidak punya anggran untuk mengadakan penelitian.
PASAR MONOPOLI : hanya ada satu penjual yang menguasai perdagangan sehingga penjual dapat
menentukan harga dan mencari keuntungan sebanyak mungkin.
Ciri utama Pasar Monopoli :
a) tertutupnya pintu masuk ke pasar.
b) Hanya ada satu penjual dan banyak pembeli.
c) Tidak ada perusahaan lain yang bias membuat barang substitusi yang ssempurna.
d) Rintangan cukup kuat untuk masuk ke pasar.
e) Pembeli tidak punya barang untuk memilih barang.
f) Keuntunga hanya untuk satu penjual.
g) Harga ditentukan pleh perusahaan.
Kebaikan dan keburukan Pasar Monopoli :Oleh karena pasar monopoli hanya da ssatu penjual, maka pemerintah perlu camputangan dalam mengendalikan dampak negatifnya, antara lain :
Kebaikan Keburukan 1. Menghindari produk tiruan dan persaingan yang tidak sehat2. Terjaganya kesinambungan stabilitas perusahaan3. Mendorong penggunaan mesin dg tingkat teknologi tinggi4. Mendorong peningkatan kinerja departemen penelitian dan pengembangan 1. Penyalahgunaan kekuaan ekonomi2. Adanya pelecehan terhadap posisi pembeli3. Adanya kesenjangan dalam pembagian pendapatan4. Tidak ada persaingan5. Mengurangi kesejahteraan konsumen
- Mencegah monopoli itu sendiri.
s - Memberikan izin kepada perusahaan baru.
- - Menambah penawaran barang dalam negeri dengan impor.
- - Pemerintah menetapkan harga eceran tertinggi (HET).
PASAR OLIGOPOLY : hanya terdapat beberapa produsen atau sedikit perusahaan saja yang menjual produk yang identik atau mirip satu sama lain dengan banyak pembeli.
Ciri-ciri :
a) Menghasilkan barang standar maupun barang berbeda corak.
b) Terdapat beberapa produsen yang menguasai pasar.
c) Terdapat halangan kuat untuk masuk pasar.
d) Kekuasaaan menentukan harga adakalanya kuat dan ada kalanya lemah.
e) Satu diantara oligopolis adalah market leader yaitu penjual yg memiliki pangsa pasar yg terbesar.
Kebaikan dan keburukan Pasar Oligopoly :
Kebaikan Keburukan 1. Terdapat sedikit penjual karena dibutuhkan investasi besar untuk masuk pasar2. Jumlah penjual sedikit membuat penjual dapat mengendalikan harga dalam tingkat tertentu3. Bila terjadi perang harga, konsumen aklan diuntungkan 1. Terdapat rintangan yg kuat untuk masuk pasar2. Akan terjadi perang harga3. Produsen jika melakukan kerjasama akan merugikan konsumen
PASAR MONOPOLISTIK : bentuk pasar dimana terdapat banyak produsen yang menjual produk yang kurang lebih sama tetapi dengan berbagai macam variasi
Ciri-ciri :
a) Terdapat banyak penjual.
b) Terdapat diferensiasi produk.
c) Penjual dapat mengendalikan harga dalam tingkat tertentu.
d) Terdapat persaingan yg ketat dalam kuantitas dan iklan.
Kebaikan dan keburukan Pasar Monopolistik :
Kebaikan Keburukan 1. Tdp banyak penjual sehingga konsumen memiliki pilihan2. Bebas keluar masuk pasar akan mendoirong produsen berkompetsi sehat3. Diferensiasi produk mendorong konsumen untuk selektif dalam menentukan produk yg diinginkan4. Pasar yg mudah dijumpai 1. Memiliki tingkat persaingan yg tinggi2. Untuk masukpasar tetap butuh modal yang besar3. Mendorong produsen mengdakan inovasi produksi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar